Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Anita Marina Maryati (0807603)- Si Hitam Anti Kantuk

Posted on: June 26, 2009

Apa yang terbesit di benak anda saat membaca judul di atas? Semoga jawabannya adalah kopi. Ya, berikut ini sedikit ulasan tentang si hitam yang konon membuat orang tetap terjaga. Namun benarkah demikian? Siapa sebenarnya si hitam anti kantuk ini?

Adalah kopi, minuman stimulan yang diolah dari bibit kopi atau yang biasa disebut coffee beans. Minuman yang satu ini ternyata sudah berusia cukup tua. Sejak abad ke-9, kopi sudah dikonsumsi oleh masyarakat di dataran tinggi Ethiopia. Berdasarkan sebuah legenda, para penggembala di Ethiopialah yang pertama kali meneliti pengaruh kafein dalam kopi. Mereka mendapati kambing-kambing ‘menari’ dan memiliki tingkat energi yang lebih tinggi setelah mengkonsumsi bibit kopi liar. Dari Ethiopia, kopi menyebar ke ke Mesir, Yaman, Arab, dan akhirnya sampai ke negara-negara seluruh dunia.

Dalam kopi, terkandung suatu zat yang dikenal dengan nama kafein atau dalam bahasa Inggris disebut caffein. Ini adalah sebuah zat yang berperan sebagai obat penstimulan psikoaktif dan sebagai diuretik ringan (pemercepat produksi urin) pada manusia dan hewan. Kafein ditemukan oleh kimiawan Jerman, Friedrich Ferdinand Runge, pada tahun 1819. Dialah yang menciptakan istilah kaffein, suatu komponen kimia dalam kopi, yang dalam bahasa Inggris menjadi caffeine. Kafein merupakan zat stimulan (perangsang) dalam susunan syaraf pusat dan metabolisme tubuh. Kafein juga digunakan sebagai sarana pengobatan untuk mengurangi kelelahan fisik dan mengembalikan kesiagaan mental saat mengalami kelelahan yang luar biasa ataupun ketika terserang rasa kantuk. Kafein menstimulasi sistem syaraf pusat dalam level yang tinggi sehingga mengakibatkan meningkatnya kesiagaan dan hilangnya rasa kantuk, lebih cepat dan lebih jernihnya daya berpikir, meningkatnya daya fokus, koordinasi tubuh secara umum menjadi lebih baik, dan kemudian akan mempengaruhi urat saraf tulang belakang pada dosis yang lebih tinggi.

Konsumsi kopi telah banyak dikaitkan dengan pencegahan berbagai penyakit. Kopi dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit Alzheimer, Parkinson, penyakit hati, diabetes melitus tipe 2, sirosis hati, dan encok. Antioksidan dalam kopi dapat mencegah pengaruh buruk radikal bebas yang merupakan penyebab kerusakan sel.

Tidak adil rasanya jika kita hanya memaparkan sisi baik dari si hitam ini. Kopi, bagaimanapun, memiliki efek negatif pada kesehatan konsumennya. Lebih dari seribu kimiawan menuturkan bahwa lebih dari setengah jumlah bibit kopi yang dipanggang (roasted coffee), yang telah melalui serangkaian tes, terbukti bersifat karsinogenik atau dapat memicu kanker. Efek-efek negatif kopi kerap bergantung pada kafein yang dikandungnya. Penelitian menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat menyebabkan peningkatan pengerasan dinding arteri secara temporer. Kopi juga bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Penelitian lain menunjukkan bahwa kopi memiliki efek buruk terhadap memori jangka pendek. Sebanyak 10% dari orang –orang yang mengonsumsi kopi secara rutin, dilaporkan mengalami peningkatan tingkat depresi dan kegelisahan saat kebiasaan mereka tersebut dihentikan.

Kopi, bagaimanapun, memiliki sisi baik dan buruk. Setelah pemaparan di atas, mengonsumsi kopi ataupun tidak, tetap menjadi hak Anda.

Referensi:

Autobiografi

Anita Marina MaryatiAnita Marina Maryati dilahirkan di Bandung pada 31 Oktober 1990. Setelah lulus dari SMA Negeri 5 Bandung tahun 2008, ia lalu melanjutkan pendidikan ke Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Aktivitas yang sedang dijalaninya selain sebagai mahasiswi yaitu sebagai Staf Departemen Kerohanian Badan Eksekutif Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Kimia UPI, Anggota Unit Kegiatan Dakwah Mahasiswa UPI. dan sebagai staf pengajar di sebuah lembaga privat.

2 Responses to "Anita Marina Maryati (0807603)- Si Hitam Anti Kantuk"

nice article😉

Teteh Adis yang pintar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: