Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Sarah Dwinta Rani (0805442)-Balon

Posted on: June 9, 2009

BALON

Balon adalah benda yang terbuat dari karet, memiliki polimer tertentu dan biasanya diisi dengan gas agar bentuknya menjadi lebih indah. Balon mengandung unsur-unsur kimia yang terkadang kita sepelekan. Kita hanya tahu menggunakannya saja dan setelah selesai langsung membuangnya, tanpa tahu kelebihan dan kekurangan benda itu. Konon balon pertama kali diciptakan oleh bangsa Aztec, yang membuat balon dari usus besar kucing sebagai bahan persembahan bagi dewa mereka. Beberapa literatur menyebutkan bahwa balon jaman dahulu memang dibuat dari bagian dalam binatang seperti usus, kandung kemih. Balon telah digunakan untuk alat transportasi. Balon yang terkenal adalah balon udara Zeppelin, yang pertama mengudara tahun 1900 dan terbakar pada tahun 1937, yang dikenal sebagai Musibah Hindenburgh.

Gas yang diisikan kedalam balon biasanya gas nitrogen, helium, hidrogen atau asitilen. Syarat utama gas tersebut harus lebih ringan dari udara, sehingga memudahkan balon untuk terbang tinggi. Gas helium merupakan salah satu unsur gas mulia yang paling ringan, stabil dan dalam suhu kamar berbentuk gas yang tidak berwarna serta tidak berbau. Gas helium adalah gas yang paling aman dipakai dan balon dapat terbang paling tinggi dibandingkan menggunakan gas yang lain, tetapi harganya lebih mahal. Tukang balon gas menggunakan campuran karbit dan air yang menghasilkan gas Asitilen, yang biasanya digunakan untuk mengelas. Gas ini juga berbahaya dan mudah terbakar tetapi lebih murah. Gas nitrogen adalah gas yang paling banyak diatmosfer bumi (sekitar 78%), sehingga gas nitrogen lebih sering digunakan oleh para penjual balon. Gas hidrogen merupakan gas paling ringan karena jumlah proton, netron dan elektron yang menyusun atom hidrogen sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah proton, netron dan elektron yang menyusun atom-atom lainnya, tetapi lebih mudah terbakar.

Jenis-jenis balon yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya, balon gas,balon sabun dan balon udara. Balon gas biasanya digunakan oleh para orang tua untuk menghibur anak- anak mereka. Balon sabun adalah balon yang terbuat dari busa sabun yang ditiupkan dan berbahaya jika terkena mata. Balon udara digunakan untuk alat transportasi dan wisata alam.

Balon biasanya sangat dibutuhkan pada acsiara-acara seperti, pada Masa Orientasi Siswa (MOS) para penjual balon begitu bahagia, karena mereka meraih keuntungan besar. Para penjual balon pagi-pagi biasanya sudah ada didepan sekolah-sekolah,tepatnya hari pertama masuk sekolah baru. Balon sangat dibutuhkan oleh para siswa baru untuk masuk hari pertama MOS, jika para siswa tidak membawa balon gas tersebut maka para siswa akan diberi hukuman. Selain acara MOS, balon juga sangat dibutuhkan untuk dekorasi pesta ulang tahun pernikahan dan diacara valentine. Pada hari valentine pun para penjual balon biasanya sudah siap di perempatan jalan, karena pada hari itu sepasang kekasih merayakan hari valentine dengan memberikan pasangan mereka sebuah balon bertuliskan “ I LOVE YOU “ , “ YOU ARE MY VALENTINE ” , dan masih banyak lagi.

Cara membuat balon tidak begitu sulit langkah pertama masukkan air sampai 3/4 ember, dan masukkan sampo beberapa sachet secukupnya, aduk hingga rata, masukkan ke dalam botol bekas air mineral kira-kira 3/4 tinggi botol, potong-potong lidi kira-kira 20 cm, ikat karet gelang pada ujung lidi, paketkan satu botol dengan satu lidi atau bisa diikat dengan karet gelang yang lain, produksi siap untuk digunakan.

Balon memiliki bentuk, warna dan tulisan yang menarik. Kita bisa memesan balon sesuai dengan apa yang kita inginkan mulai dari bentuk bulat, hati, kotak, lonjong bahkan warnanya pun bisa dipilih sesuai selera masing – masing. Tulisan yang terdapat pada balon ditempelkan menggunakan stiker khusus. Semakin bagus fisik balon dan penggunaan gas yang terdapat didalamnya, maka semakin mahal pula  harga yang harus kita bayar.

Referensi :

Autobiografi

Sarah Dwinta Rani lahir di Jayapura, 22 Januari 1990, saat ini menjadi mahasiswi di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Pendidikan Kimia. Saya pernah menuntut ilmu di TK Al-Muawanah, SDN Banjarsari VI Bandung, SMPN 25 Bandung, SMPN 1 Manado, SMAN 23 Bandung. Hobi saya menyanyi, main badminton, tidur, berenang, mendengarkan musik, siaran, jalan-jalan ke kota yang belum pernah dikunjungi. Alhamdulillah prestasi saya selalu masuk rangking 5 besar sewaktu SD,sewaktu SMP prestasi saya agak menurun karena terlalu banyak bermain. Ketika beranjak SMA saya rangking 1,2,5. Saat SMP saya pernah juara ke-36 lomba matematika yang diselenggarakan LIPI se-Indonesia. Waktu luang sewaktu SMA saya gunakan untuk siaran di radio sekolah. Saya pernah mengikuti acara POND’S beauty logy pada tahun 2007 dan masuk 20 besar. Saya berdarah Sumatra dan Jawa. Sudah lumayan banyak bahasa daerah yang saya bisa dan menurut saya masing-masing daerah memiliki keunikan dan ciri khas mereka masing-masing.

2 Responses to "Sarah Dwinta Rani (0805442)-Balon"

saya kira cara buat balon gas seperti yg dijual. coba buat artikel yg lebih menarik lagi untuk bisa menjadi sesuatu yang praktikal. kalau artikelnya hanya seperti itu kurang berbobot, banyak artikel serupa yang lebih menarik di internet.

bagaimana sih membuat sendiri gas Helium itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: