Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Rany Dara Erlinda (0804636)-Formalin yang Merajalela

Posted on: June 9, 2009

Formalin yang Merajalela

Formalin merupakan aldehida berbentuk gas dengan rumus kimia CH2O yaitu senyawa organik yang diproduksi dari reaksi oksidasi methanol dengan bantuan katalis tertentu. Formalin ini awalnya diteliti oleh kimiawan Rusia Aleksander Butlerov tahun 1859, dan identifikasi oleh Hoffman tahun 1867.

Penyalahgunaan formalin, akan sangat berbahaya. Misalnya saja produk pangan yang menggunakan formalin sebagai bahan pengawet. Contohnya dengan menggunakan formalin pada ayam potong, agar lebih segar dan awet. Begitu juga dengan mie basah, tahu, bakso, dan lain – lain. Selain itu dalam peralatan makan yang terbuat dari melamin juga mengandung formalin, biasanya harganya itu lebih murah. Formalin juga dapat dihasilkan dari pembakaran bahan yang mengandung karbon, knalpot mobil, asap tembakau, dan banyk lagi yang dapat menghasilkan formalin.

Kita harus tahu dampak negatif dari formalin yang sangat berbahaya. Jangankan termakan, bila terhirup, menngenai kulit, dan tertelan akan berakibat luka bakar pada kulit, iritasi pada saluran pernafasan, reaksi alergi dan bahaya kanker pada manusia. Selain itu bila terkena formalin terlalu banyak, formaldehida akan menjadi asam format yang meningkatkan keasaman darah, tarikan nafas menjadi pendek dan sering, hipotermia, koma, bahkan sampai kepada kematian. Setelah kita mengetahui itu semua, bayangkan makanan di atas yang sebagian besar kita konsumsi, dan aktivitas kita sehari – hari yang tak luput dari bahaya tersebut

Maka dari itu kita harus lebih selektif dalam berbagai hal, apalagi yang berhubungan dengan kesehatan kita. Jangan berfikir asal murah dan banyak saja, tanpa memikirkan dampaknya.

Tetapi apabila formalin itu digunakan dengan benar, akan banyak manfaat yang bias kita dapat dari formalin. Misalnya saja dalam bidang kesehatan yang digunakan sebagai disinfektan dan pengawet dalam vaksinasi, formalin juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan tinta dan pengikat warna pada bahan tekstil. Masih banyak kegunaan formalin yang dapat kita manfaatkan.

Ternyata dibalik bahaya dari formalin, bila dieprgunakan dengan baik dan ditunjang pengetahuan yang ada banyak juga manfaat dari formalin yang dapat dugunakan bahkan berperan penting dalam kehidupan kita.

Referensi :

Autobiografi

Nama saya Rany Dara Erlinda. saya dilahirkan di Bandung, 28 November 1990. saya bertempat tinggal di Jl. Cidurian Utara No.49 RT 05/10 kel. sukapura kec. kiaracondong. hobby saya jalan – jalan, main musik. saya pernah bersekolah di SDN Sekejati III Bandung, SMP N 31 Bandung, SMA Kartika Siliwangi Bandung, SMA N 23 Bandung, dan sekarang di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

4 Responses to "Rany Dara Erlinda (0804636)-Formalin yang Merajalela"

x3GcZX comment1 ,

fJbckq comment5 ,

ydY2N3 comment4 ,

WfnLk6 comment5 ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: