Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Iga Mahliga (0800635)-Kesetimbangan Kimia : Proses Kehidupan yang Membutuhkan Keseimbangan

Posted on: June 6, 2009

Kesetimbangan Kimia : Proses Kehidupan yang Membutuhkan Keseimbangan

“Kehidupan ini ada kalanya di atas dan ada kalanya di bawah    oleh karena itu dibutuhkan kemampuan untuk menyeimbangkan kehidupan kita agar kita sebagai manusia tidak terlena akan kenikmatan hidup yang kita alami dan kita pun  tidak larut dalam kesedihan dan penderitaan hidup yang kita rasakan oleh karena itu kita harus mampu mengatur hidup kita agar terbiasa menerima takdir dan kenyataan hidup yang kita alami dengan senyuman”

Kesetimbangan kimia merupakan suatu materi yang tak asing lagi dalam mempelajari ilmu kimia. Kita akan mengalami kesulitan dalam mempelajari materi selanjutnya jika kita belum memahami makna kesetimbangan kimia itu sendiri. Karena materi ini telah menjadi materi dasar dalam mempelajari ilmu kimia ke depannya. Materi mengenai kesetimbangan ini selalu menjadi metode utama bagi pelaku industri guna menjalakan usahanya di bidang industri kimia. Oleh karena itu, materi mengenai kesetimbangan kimia ini dianggap sangat penting untuk dipelajari.

Kesetimbangan kimia adalah suatu proses kimia yang berlangsung dalam keadaan setimbang dalam dua arah baik pada arah pereaksi ataupun produk. Hal ini terjadi karena pada bagian pereaksi dan produk memiliki laju reaksi yang sama dalam dua arah. Suatu reaksi dikatakan setimbang apabila konsentrasi pereaksi dan produk sama dan tidak berubah seiring dengan perubahan waktu yang terjadi. Kemudian suatu reaksi juga dikatakan setimbang apabila tidak terjadi lagi perubahan energi bebas pada reaksi tersebut atau dengan kata lain ∆G=0. Selain itu, pada reaksi kesetimbangan kimia yang terjadi juga terdapat dua proses yang berlangsung yaitu proses reversibel dan proses irreversibel. Terdapat perbedaan mendasar antara dua proses yang berlangsung dalam kesetimbangan kimia ini yaitu pada proses reversibel, reaksi dapat berlangsung dalam dua arah dan dapat kembali ke bentuk awal reaksi. Sedangkan pada proses irreversibel,reaksi yang terjadi hanya berlangsung satu arah dan tidak dapat kembali ke bentuk awal reaksi. Ada beberapa komponen utama yang ada dalam reaksi kesetimbangan yaitu pereaksi dan produk. Reaksi yang berlangsung dalam keadaan kesetimbangan ini ditandai dengan adanya tanda anak panah dua arah. Bagian sebelah kiri disebut pereaksi dan bagian sebelah kanan disebut produk.

H2 + O2 ↔ 2H2O

Kesetimbangan kimia sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam dunia industri. Hal ini dikarenakan dalam sistem perindustrian mengharapkan barang atau produk yang akan dihasilkan mencapai tingkat maksimal baik dalam segi kualitas maupun kuantitas dengan pengeluaran biaya produksi yang sangat kecil sehingga akan menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Contohnya dalam industri pembuatan Asam Sulfat (H2SO4) dan Amoniak (NH3) akan mencapai hasil yang maksimal apabila pembuatannya menggunakan reaksi kesetimbangan yamng didukung oleh beberapa aspek yang harus direkayasa seperti suhu, tekanan, volume zat,dan katalis untuk menurunkan energi aktivasi zat sehingga dapat meningkatkan laju reaksi. Mengingat besarnya pengaruh dari empat aspek di atas maka hal itu harus diatur sedemikian rupa agar mampu menghasilkan suatu reaksi yang semourna sesuai dengan yang diharapkan.

Begitu pula dengan kehidupan kita yang pada dasarnya membutuhkan keseimbangan dari dalam diri agar kita dapat menikmati hidup dengan lebih baik dan penuh rasa syukur. Sebagaimana yang terjadi pada reaksi kesetimbangan kimia yang membutuhkan pengaturan suhu,tekanan,volume dan katalis maka seperti itu pula yang terjadi dalam hidup kita yang membutuhkan pengaturan pada aspek jasmani dan rohani yang merupakan kunci dari segala permasalahan hidup yang kita hadapi. Selain itu, apabila kita mampu mengontrol kedua aspek di atas maka kita akan mampu menemukan solusi bagi permasalahan yang muncul dari dalam diri ataupun dari lingkungan sekitar kita.

Mengingat betapa pentingnya keseimbangan jasmani dan rohani untuk keberlangsungan hidup kita di masa yang akan datang maka kita tetunya akan melakukan upaya-upaya tertentu guna mencapai apa yang kita inginkan yaitu keindahan hidup baik dalam arti lahiriah maupun batiniah. Keseimbangan hidup yang  diharapkan hadir dalam kehidupan kita yaitu keseimbangan yang berlangsung dalam dua arah dan dapat bergerak aktif ke dua arah yaitu pada arah jasmani dan arah rohani.

Arah keseimbangan hidup kita akan terlihat dari cara kita mengaturnya sedemikian rupa agar keseimbangan itu dapat terwujud dalam diri kita dan mampu menjadi suatu bagian yang benar-benar mengantarkan kita dalam menemukan arti hidup yang sesungguhnya. Apabila kita mampu mengatur hidup kita untuk benar-benar fokus pada ke dua aspek tadi maka kita akan mampu memiliki kehidupan yang seimbang dan penuh makna serta mampu hidup dalam dua tinjauan aspek seperti kesetimbangan kimia yang berlangsung secara reversibel. Namun, apabila sebaliknya kita hanya mampu mengatur salah satu aspek saja dalam hidup kita maka kita belum mampu menyeimbangkan aspek lahir dan batin kita dan sesungguhnya hidup kita ini tak ubahnya seperti reaksi kesetimbangan yang berlangsung secara irreversibel dan hanya kenikmatan sesaat saja yang kita dapatkan.

Oleh karena itu, marilah mulai saat ini kita mencoba dan berusaha untuk menyeimbangkan kehidupan kita agar mampu mendapatkan kebahagiaan lahiriah dan batiniah yang maksimal seperti H2SO4 dan  NH3 yang diperoleh dalam industri kimia setelah melalui berbagai upaya dan tahapan guna mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Referensi :

Autobiografi

Penulis artikel kimia yang berjudul “Kesetimbangan Kimia : Proses Kehidupan yang Membutuhkan Keseimbangan” ini bernama Iga Maliga. Dilahirkan sembilan belas tahun yang silam tepatnya di Dompu, tanggal 7 Agustus 1990. Merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Aktivitas yang sangat di gemari yaitu membaca dan menulis. Pernah menempuh pendidikan di SDN 14 Sumbawa,SMPN 1 Sumbawa dan SMAN 3 Sumbawa Besar dan saat ini tengah menjalani program pendidikan S1 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung di jurusan Pendidikan Kimia.Aktivitas yang kini tengah dijalani adalah sebagai mahasiswa di jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI Bandung dan aktif berorganisasi di Himpunan Mahasiswa Kimia FPMIPA UPI.

“Hiduplah dalam sinar kehidupan mu”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: