Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Dara Oktaviana (0802876)-Bionutrien

Posted on: June 6, 2009

Bionutrien

Pertanian modern yang muncul akibat peningkatan kebutuhan produksi pangan banyak menimbulkan dampak negatife bagi lingkungan maupun mahkluk hidup. Salah satu solusinya adalah dengan mengganti pertanian modern dengan pertanian alami. Dalam hal ini, pertanian modern terlihat jelas dari alat yang digunakan untuk menggarap lahan pertanian dan penggunaan pupuk-pupuk kimia yang memberi dampak berbahaya dalam upaya peningkatan produksi pertaniannya.

Untuk mengurangi dampak negatife dari penggunaan pupuk kimia kita dapat mengganti penggunaan pupuk kimia dengan pupuk alami yang juga dapat meningkatkan hasil produksi. Bionutrien merupakan salah satu pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti nutrisi tumbuhan yang telah diuji oleh ahli kimia dan terbukti dapat meningkatkan hasil produksi pertanian. Misalnya, penggunaan nutrisi daun tomat dalam membasmi hama wereng.

Dalam pembuatannya, pupuk bionutrien menggunakan metode kimia namun tidak menggunakan zat-zat kimia yang berdampak negatife bagi lingkungan sekitarnya. Sayangnya, untuk memproduksi pupuk bionutrien ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Pengetahuan masyarakat yang belum paham akan pengaruh pupuk kimia yang dapat membahayakan lingkungan, membuat mereka enggan berpindah dari pupuk-pupuk kimia tersebut. Sehingga pupuk bionutrien belum banyak diproduksi. Padahal, dengan memproduksi pupuk ini sekaligus dalam jumlah banyak dapat menutup biaya produksi yang cukup besar.

Saat ini bionutrien mulai di kembangkan di universitas-universitas di Indonesia, salah satunya di UPI. Beberapa dosen kimia UPI yang bergabung dalam satu Tim Bioflokulan, tengah mengadakan kerjasama dengan pemerintah dalam penggarapan lahan untuk penanaman tanaman yang akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk bionutrien. Upaya lain yang juga sedang dilakukan adalah mengembalikan induk tanaman agar dapat kembali menghasilkan bibit-bibit tanpa pengaruh bahan kimia. Agar bibit-bibit tersebut kelak dapat berkembang dengan pupuk alami. Tanaman-tanaman pertanian yang terbiasa menggunakan pupuk kimia dalam pertumbuhannya membuat bibit-bibit yang dihasilkan dari tanaman itu kurang menerima keberadaan pupuk bionutrien yang menyebabkan hasil panen kurang baik. Mereka terus berusaha agar pupuk yang mereka produksi dapat benar-benar meningkatkan hasil pertanian masyarakat serta menjualnya dengan harga yang terjangkau. Selain itu juga, pemerintah perlu mengadakan sosialisasi kepada masyarakat tentang pengaruh pupuk kimia bagi lingkungan sekitar.

Pupuk bionutrien merupakan solusi terbaik dalam mengurangi dampak negatife bagi lingkungan maupun mahkluk hidup akibat pertanian modern yang menggunakan bahan-bahan kimia dalam peningkatan hasil produksi pertanian.

Referensi :

Autobiografi

Selasa, 30 Oktober 1990. Tepatnya di kota Bogor, seorang gadis lahir yang kemudian diberi nama Dara Oktaviana lahir di Bogor 30 Oktober 1990 dari seorang ibu yang berhati lembut dan penyayang di dampingi oleh seorang pria gigih yang memulai pengembaraannya di kota Bogor sebagai karyawan bengkel bus kecil. Yang bejaksana dan bertanggung jawab. Gadis itu memulai pendidikan formalnya di SDN Curugbitung 1 dan memulai prestasinya dengan masuk peringkat 3 besar pada setiap semesternya dan mendapat NEM terbesar di sekolahnya pada tahun 2002. Pendidikan dilanjutkan di SMP N 1 Leuwiliang dan menjadi juara umum ketika kelulusan tahun 2005. Selanjutnya pendidikan formalnya dilanjutkan di SMA N 1 Leuwiliang, penulis menjadi siswa teladan di sekolah dan menjadi Peserta siswa teladan tingkat kabupaten. Saat ini penulis sedang menjalankan pendidikannya di Universitas Pendidikan Indonesia sebagai Mahasiswa jurusan pendidikan Kimia angkatan 2008, dan insyaAllah bisa mempertahankan prestasi-prestasi yang telah di raih selama ini. Amien..

Pengalaman organisasi yang pernah djalani antara lain, OSIS SMP N 1 Leuwiliang sebagai bendahara tahun 2003-2004, OSIS SMA N 1 Leuwiliang sebagai seksi PAKNI tahun 2007-2008, Radio Smanell sebagai Ketua Umum tahun 2007-2008, Ikatan Pelajar Muhammadiyah Curugbitung sebagai sekretaris umum tahun 2007-2008. Staf kesekuman HMK FPMIPA UPI tahun 2008-sekarang

Penulis mempunyai kegemaran jalan-jalan dan wisata kuliner. Serta menyukai tempat-tempat dengan pemandangan indah dan suasana asri.

1 Response to "Dara Oktaviana (0802876)-Bionutrien"

mmm… maaf klo boleh tau referensi tentang bionut dari mana??? misalnya dari skripsi siapa???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: