Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Cahya Gumilar (0808533)-Apakah Merokok Itu Bodoh?

Posted on: June 6, 2009

Apakah Merokok Itu Bodoh?

Rokok merupakan benda yang sangat berbahaya. Selain dapat merusak kesehatan, merokok juga dapat membuat dompet semakin menipis. Sebenarnya rokok dapat memberikan efek santai pada penggunanya. Namun pada rokok terdapat bahaya yang sangat besar bagi penggunanya dan orang yang ada di sekitarnya. Dalam asap rokok, terkandung banyak racun yang sangat berbahaya, diantaranya tar, nikotin, karbonmonoksida, dan lain-lain.

Kadang-kadang, ingin tertawa rasanya jika melihat orang merokok. Sudah sangat jelas sekali pada setiap bungkus rokok tertulis “merokok dapat menyebabkan kanker, impotensi, gangguan kehamilan dan janin”. Bukankah manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna? Makhluk yang diberikan akal dan pikiran? Tapi mengapa masih banyak orang yang senang merokok? Apakah para perokok  tidak mengerti arti dari tulisan tersebut?

Kebanyakan para perokok awalnya hanya coba-coba, tetapi berawal dari coba-coba tersebut berubah menjadi ketagihan. Hal tesebut dapat terjadi karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Hal tersebut nampaknya sudah menjadi lingkaran setan.

Jika dipikir-pikir, merokok itu sama halnya dengan membakar uang saja. Jika seperti itu, maka merokok termasuk Israf (membuang-buang uang) dan perokok termasuk orang yang berlebih lebihan. Ingatlah firman Allah pada surat Al-an’am ayat 141 yang berbunyi “…..Seseungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”.

Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini. Sebenarnya fatwa MUI yang menyatakan bahwa rokok itu haram telah memberikan setitik cahaya harapan untuk menyelamatkan bangsa indonesia. Namun banyak yang menentang fatwa tersebut dengan alasan bahwa rokok merupakan salah satu penghasil devisa negara terbesar dan apabila pabrik rokok ditutup, maka angka pengangguran di Indonesia akan meningkat.

Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang pandai. Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan merokok. karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok. Ingatlah, sebatang rokok akan merusak kesehatan, mengakibatkan candu, buang uang, merugikan, berdosa, dan merugikan orang lain. Termasuk dalam Hadith La dhororo wala dhirara: tidak boleh membinasakan diri, dan diri orang lain. Bayangkan nanti hari kiamat kalau kita menjadi penyebab meninggalnya seseorang karena asap rokok kita. Orang itu berhak untuk menuntut kita di hadapan Allah.

Referensi :

Autobiografi

Cahya Gumilar

Cahya Gumilar

Cahya Gumilar, lahir di Bandung 27 Maret 1990, putra keempat dari empat bersaudara. Pendidikan yang telah ditempuh yaitu SD Negeri Melong 1 Cimahi (lulus tahun 2002), SMP Negeri 1 Bandung (lulus tahun 2005), SMA Negeri 4 Bandung (lulus tahun 2008), dan kemudian melanjutkan di jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA Universitas Pendidikan Indonesia sejak tahun 2008 hingga sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: