Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Reni Handayanti (0802658)-Pencemaran Air oleh Limbah Rumah Tangga

Posted on: June 5, 2009

Pencemaran Air oleh Limbah Rumah Tangga

Air adalah salah satu kebutuhan yang paling penting bagi kehidupan manusia dan termasuk senyawa kimia yang paling sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Selain untuk diminum, mencuci dan kebutuhan rumah tangga lainya, air juga digunakan untuk mengairi sawah pada proses pertanian serta pada sektor industri, air termasuk kebutuhan utama.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan bahan-bahan kimia, contohnya sabun, pasta gigi dan deterjen. Tanpa kita sadari bahan-bahan kimia tersebut merupakan limbah yang tidak dapat diolah kembali dan dapat mencemari lingkungan terutama air.

Deterjen dan pasta gigi adalah kebutuhan rumah tangga yang terbuat dari bahan kimia sintetis yang jika dibuang ke badan air, oksigen yang terlarut dalam air akan mengoksidasi larutan deterjen tersebut sehingga kebutuhan oksigen kimia dalam air meningkat, mengakibatkan kadar oksigen murni yang terlarut dalam air berkurang menyebabkan kebutuhan oksigen untuk biota dan organisme air berkurang.

Sedangkan sabun, memiliki perbedaan bahan baku pembuatan. Sabun terbuat dari minyak kelapa sawit, bukan bahan kimia sintetik sehingga jika dibuang ke badan air dapat di uraikan oleh bakteri yang terdapat di dalam air. Namun pada proses penguraian, bakteri membutuhkan oksigen sehingga kadar oksigen yang terlarut dalam air tetap berkurang namun untuk tingkat bahaya, sabun lebih aman dibuang ke badan air dibandingkan deterjen. Jika jumlah limbah

yang di hasilkan semakin meningkat maka sungai akan ikut tercemar, dan biota air akan mati karena kekurangan oksigen.

Salah satu cara untuk mengurangi konsentrasi limbah dengan cara pengenceran. Limbah yang dihasilkan, sebelum dibuang diencerkan terlebih dahulu sehingga konsentrasi limbah dapat berkurang pada saat dibuang ke saluran pembuangan dan mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan. Keseimbangan ekosistem dapat terlaksana apabila kita dapat menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi jumlah limbah yang di hasilkan maka keselarasan hidup dapat tercipta serta mempermudah perolehan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Dikarenakan deterjen dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga, maka dilakukan penelitian pembuatan deterjen yang dapat di uraikan oleh bakteri agar tidak mencemari lingkungan.

Namun penggunaan air yang tidak diimbangi pemeliharaannya, persediaan air bersih di muka bumi ini semakin menipis, sehingga kita sebagai manusia wajib memelihara air dengan sebaik-baiknya dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dari sampah agar terhindar dari pancemaran air. Sungai merupakan salah satu sumber air yang wajib kita jaga agar persediaan air bersih tetap ada.

Indonesia termasuk negara yang memiliki perusahaan pengolahan air sungai. Air sungai yang dapat di olah menjadi air yang layak digunakan kembali untuk kebutuhan sehari-hari terutama untuk kebutuhan rumah tangga. Proses yang dilakukan pada pengolahan air yaitu dengan mengikat kation atau anion yang terlarut dalam air sehingga air yang dihasilkan terbebas dari kation,anion serta logam yang dapat menurunkan kualitas air.

Limbah yang berasal dari kegiatan rumah tangga,industri dan pertanian dapat mencemari lingkungan terutama air, konsentrasi limbah yang dihasilkan terus-menerus meningkat setiap harinya.

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: