Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Jafar Ma’arif (0800555)-ASI, Paling Sehat untuk Bayi

Posted on: June 5, 2009

ASI, Paling Sehat untuk Bayi

Air susu ibu (ASI) adalah sebuah cairan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan air susunya memiliki bentuk paling baik bagi tubuh bayi yang masih muda. Pada saat yang sama, ASI juga sangat kaya akan sari-sari makanan yang mempercepat pertumbuhan sel-sel otak dan perkembangan sistem saraf. Makanan-makanan tiruan untuk bayi yang diramu menggunakan teknologi masa kini tidak mampu menandingi keunggulan ASI.

Daftar manfaat ASI bagi bayi selalu bertambah setiap hari. Penelitian yang menunjukkan tentang kelebihan ASI terus menerus ditemukan. Salah satunya adalah bayi yang diberi ASI secara khusus terlindung dari serangan penyakit sistem pernapasan dan pencernaan. Hal itu disebabkan zat-zat kekebalan tubuh di dalam ASI memberikan perlindungan langsung melawan serangan penyakit. Sifat lain dari ASI yang juga memberikan perlindungan terhadap penyakit adalah membuat kondisi dimana bakteri baik dapat berkembang biak.. Keberadaan bakteri baik ini menghambat perkembangan bakteri jahat, virus dan parasit berbahaya. Tambahan lagi, telah dibuktikan pula bahwa terdapat unsur-unsur di dalam ASI yang dapat membentuk sistem kekebalan melawan penyakit-penyakit menular dan membantunya agar bekerja dengan benar.

ASI merupakan makanan yang paling mudah dicerna bayi. Meskipun sangat kaya akan zat gizi, ASI sangat mudah dicerna sistem pencernaan bayi yang masih rentan. Karena itulah bayi mengeluarkan lebih sedikit energi dalam mencerna ASI, sehingga ia dapat menggunakan energi selebihnya untuk kegiatan tubuh lainnya, pertumbuhan dan perkembahan organ.

Alasan lainnya yang menyebabkan ASI sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kandungan minyak omega-3 asam linoleat alfa. Selain sebagai zat penting bagi otak dan retina manusia, minyak tersebut juga sangat penting bagi bayi yang baru lahir. Omega-3 secara khusus sangat penting selama masa kehamilan dan pada tahap-tahap awal usia bayi yang dengannya otak dan sarafnya berkembang secara nomal. Para ilmuwan secara khusus menekankan pentingnya ASI sebagai penyedia alami dan sempurna dari omega-3.

Selanjutnya, penelitian yang dilakukan para ilmuwan Universitas Bristol mengungkap bahwa di antara manfaat ASI jangka panjang adalah dampak baiknya terhadap tekanan darah, yang dengannya tingkat bahaya serangan jantung dapat dikurangi. Kelompok peneliti tersebut menyimpulkan bahwa perlindungan yang diberikan ASI disebabkan oleh kandungan zat gizinya. Menurut hasil penelitian itu, bayi yang diberi ASI berkemungkinan lebih kecil mengidap penyakit jantung. Telah diungkap bahwa keberadaan asam-asam lemak tak jenuh berantai panjang (yang mencegah pengerasan pembuluh arteri), serta fakta bahwa bayi yang diberi ASI menelan sedikit natrium (yang berkaitan erat dengan tekanan darah) yang dengannya tidak mengalami penambahan berat badan berlebihan, merupakan beberapa di antara manfaat ASI bagi jantung.

Fakta tentang ASI tidak berhenti hanya sampai di sini. Peran penting yang dimainkannya terhadap kesehatan bayi berubah seiring dengan tahapan-tahapan yang dilalui bayi dan jenis zat-zat makanan yang dibutuhkan pada tahapan tertentu. Kandungan ASI berubah untuk memenuhi kebutuhan yang sangat khusus ini. ASI, yang selalu siap setiap saat dan selalu berada pada suhu yang paling sesuai, memainkan peran utama dalam perkembangan otak karena gula dan lemak yang dikandungnya. Di samping itu, unsur-unsur seperti kalsium yang dimilikinya berperan besar dalam perkembangan tulang-tulang bayi.

Meskipun disebut sebagai susu, cairan ajaib ini sebenarnya sebagian besar tersusun atas air. Ini adalah penting, sebab selain makanan, bayi juga membutuhkan cairan dalam bentuk air. Keadaan yang benar-benar bersih dan sehat mungkin tidak bisa dimunculkan pada air atau bahan makanan, selain pada ASI. Namun ASI – sedikitnya 90% adalah air yang memenuhi kebutuhan bayi akan air dalam cara yang paling bersih dan sehat.

Autobiografi

Jafar Ma'arif

Jafar Ma'arif

Jafar Ma’arif dilahirkan di Ciputat ( Kabupaten Tangerang) pada tanggal 11 Mei 1990, merupakan anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Ayahanda Yayat Sudrajat dan Ibunda Lisliana. Pendidikan formal pertama diawali di TK Al-Irsyad Al_Islamiyyah Jakarta-Pusat pada tahun 1995 – 1996 kemudian dilanjutkan di SD Negeri 01Pagi Bendungan Hilir pada tahun 1996 – 2002. Bersamaan dengan berakhirnya pendidikan dasar, dilanjutkan studi di SLTP negeri 40 Jakarta pada tahun 2002 – 2003. Namun dikarenakan meninggalnya Ibunda tercinta, pada tahun 2003 berpindah ke Sukabumi bersama ke empat saudara kandungnya dan hidup bersama Nenek tercinta. Di Sukabumi masuk ke SMP 9 Kota Sukabumi di kelas 2 hingga lulus pada tahun 2004 – 2005, kemudian melanjutkan studi di SMA Negeri 2 Kota Sukabumi  pada tahun 2005 – 2008. Kemudian pada tahun 2008, diterima di Universitas Pendidikan Indonesia  melalui jalur PMDK dan terdaftar sebagai mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Berbagai prestasi yang didapatkan kebanyakan pada masa SMA. Dari prestasi akademik, menduduki peringkat kelima pada Olimpiade Kimia Tingkat Kabupaten-Kota, selain peringkat di kelas. Dari prestasi non-akademik, Kebanyakan didapat dari bidang olahraga Karate dan Nasyid, namun di bidang nasyid tidak begitu ditekuni. Berbagai kejuaraan yang dimenangkan yaitu dua kali juara 1 Karate Kata Kadet Putra se-Kabupaten-Kota dan wilayah II Bogor pada tahun 2006. Kemudian Juara 1 Karate Kata kadet Putra se-Kota Sukabumi dan Juara 3 Karate Komite Kadet Putra se-Kota Sukabumi pada tahun 2007, hingga lolos ke tingkat provinsi namun hanya sampai semifinal. Di bidang organisasi, aktif menjabat sebagai Ketua Karate SMAN 2 Kota Sukabumi periode 2006 – 2007. Dan hingga sekarang sedang menjalani perkuliahan program S1 Jurusan Pendidikan Kimia UPI.

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: