Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Widya Nurfebriyani (0807601)-DILEMA DI ANTARA KAWAN DAN LAWAN

Posted on: June 4, 2009

DILEMA DI ANTARA KAWAN DAN LAWAN

Lipstik, mungkin kata yang satu ini tidak asing lagi di telinga setiap orang khususnya kaum hawa. Bak panglima dan prajuritnya, bak siang dan malam, bak surat dan perangko, begitulah benda mungil nan cantik ini seakan selalu menjadi sahabat setia kaun hawa. Setiap wanita dimanapun berada mempunyai kecenderungan serupa, yaitu ingin terlihat cantik dan menyenangkan untuk dipandang sehingga produk perawatan dan kosmetik merupakan kebutuhan mutlak bagi dirinya. Demi benda  mungil tersebut, tak sedikit wanita yang rela merogoh kocek untuk membelinya. Mulai dari yang harganya murah bahkan hingga yang harganya ratusan ribu. Disini bisa dilihat betapa pentingnya peran lipstik. Lalu apakah kita tahu apa sebenarnya definisi dari lipstik itu sendiri dan apa saja fungsi lipstik ?

Definisi Lipstik dan Fungsi lipstik

Lipstik adalah sediaan kosmetik yang digunakan untuk mewarnai bibir sehingga dapat meningkatkan estetika dalam tata rias wajah dan memberikan ekspresi wajah yang menarik. Lipstik termasuk produk kosmetik wajah yang sudah menjadi identitas bagi wanita pada zaman modern ini, tanpa polesan pewarna bibir ini banyak diantara wanita merasa kurang tampil percaya diri di depan umum Kebutuhan terhadap lipstik terus meningkat seiring dengan munculnya produk lipstik baru, baik dalam negeri maupun merek global yang terus mengikuti kebutuhan konsumennya.

Terdapat beberapa fungsi dari lipstik yaitu:

v    Memberikan warna, membentuk  dan memberi ilusi pada bibir.

  • Bibir yang kurang baik akan disamarkan atau disembunyikan.
  • Bibir yang lebih tipis dapat dibuat tampak lebih tebal dan sebaliknya.

v    Meningkatkan kepercayaan diri.

v    Mengurangi kerutan pada bibir.

v    Menjaga kelembaban bibir dari penyebab kekeringan.

v    Membuat wajah terlihat lebih fresh

Komponen yang terdapat dalam Lipstik

v    Minyak

Minyak berfungsi sebagai pelarut. Biasanya minyak yang digunakan adalah minyak kastor yang merupakan minyak nabati. Tetapi tergantung pada jenis produknya, dapat juga berupa minyak mineral atau minyak lanolin atau juga pelarut lain yang akan bercampur dengan baik dengan komponen lain serta pewarnanya. Produk yang menggunakan minyak mineral akan kurang berkilau dibandingkan dengan yang menggunakan minyak nabati.

v  Malam atau waxes

Komponen ini merupakan bahan perekatnya yang akan menghasilkan struktur kristal yang kuat. Hal ini merupakan unsur utama untuk membuat lipstik yang baik. Malam yang paling umum digunakan adalah Candelilla, Carnauba dan Beeswax. Semuanya adalah malam alami

v    Ester

Ester  ini berfungsi sebagai emollient (mempermudah penyebaran atau pengolesan), pelembab, penambah licin, pemberi kilau, agen pembuat tak berkilau (matifying) dan penambah SPF (Sun Protection Factor). Ester dapat pula berupa senyawa aktif seperti tabir surya (oktil metoksisinamat). Beberapa ester yang biasa digunakan adalah isopropil palmitat, isostearil neopentanoat dan miristil laktat (ester yang dapat meleleh pada suhu kulit)

Dalam lipstik terkandung berbagai macam zat kimia utama seperti ester, contohnya:  isopropil palmitat, isostearil neopentanoat, dan miristil laktat ; malam, contohnya malam Candelila, malam Carnauba, dan beeswax ; pewarna, Propil parabean, vitamin, lemak tengkawang, dll.

Beraneka lipstik ditawarkan pada konsumen, bermacam merek, jenis dan warna. Kebanyakan wanita memilih lipstik terutama karena warnanya. Ternyata dibalik keindahan warna dan manfaat lipstik, banyak juga produsen yang melakukan kecurangan dalam memproduksi lipstik. Untuk menghasilkan produk yang murah, banyak diantaranya  yang sengaja menambahkan kandungan zat- zat kimia  yang ternyata berbahaya pada tubuh.

Beberapa ahli telah melakukan penelitian. Ternyata banyak merek kosmetik yang memakai bahan kimia berbahaya dalam proses pembuatan lipstik. Bahan berbahaya tersebut dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Bahan kimia berbahaya tersebut salah satunya yaitu Rhodamin B.

Rhodamin B merupakan pewarna yang dipakai untuk industri cat, tekstil, dan kertas. Rhodamin B dilarang digunakan untuk produk kosmetika khususnya lipstik. Hal ini disebabkan jika dioleskan pada mulut, mulut merupakan daerah yang paling sensitive terhadap pemakaian pewarna tekstil. Efek Rhodamin B pada mulut dapat menimbulkan iritasi sampai dengan terjadi peradangan. Jika lipstik yang mengandung Rhodamin B termakan, maka akan menumpuk di lemak sehingga dalam jangka waktu yang lama jumlahnya terus bertambah di dalam tubuh dan dapat menimbulkan kerusakan pada organ tubuh sampai mengakibatkan kematian. Selain itu zat warna ini dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan merupakan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) serta Rhodamin B dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Rhodamin B tidak hanya digunakan pada lipstik yang dianggap kurang bermerek  tapi yang lebih ironisnya lagi, menurut penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa merek lipstik terkenal yang juga menggunakan pewarna Rhodamin B. Rhodamin B hanya salah satu contoh bahan berbahaya yang terdapat dalam lipstick karena masih banyak bahan kimia berbahaya lainnya seperti lead, aluminium jadi, dan BHA (Butylated Hydroxyanisole).

Jika melihat uraian di atas, apakah anda masih berniat untuk memakai lipstik? Untuk kaum hawa, tidak perlu khawatir karena tidak semua lipstik mengandung pewarna berbahaya seperti Rhodamin B. Memang kita sebagai konsumen dihadapkan pada sebuah dilema, disatu sisi lipstik telah kita anggap sebagai kawan , tapi disisi lain jika salah-salah memilih lipstik juga dapat menjadi musuh alias lawan. Oleh karena itu pintar-pintarlah kita sebagai konsumen untuk memilihnya. Jangan hanya melihat dari harga karena mahal bukanlah suatu jaminan.

Referensi :

Autobiografi

Nama Widya Nurfebriyani nama panggilan Wit. Tempat tanggal lahir Karawang, 20 Februari 1990 Anak Pertama dari 2 Bersaudara. Alamat Asal Cikampe  Pendidikan Tk Al-usroh,SDN Cikampek Barat 3 SLTPN 2 Cikampek. SMAN 5 Karawang.

Alamat di Bandung Jl. Gersun No.65A Bandung. Aktivitas yang dijalani kuliah di UPI Fakultas F.P MIPA Jurusan Pendidikan Kimia.

Motto sabar  dan terus mencoba, Bersyukur atas nikmat yang alloh berikan. Berikan yang terbaik untuk orang tua. Cita-Cita Ingin menjadi orang yang berguna bagi banyak orang. Organisasi yang pernah diikuti, Pramuka tingkat kabupaten 2000, Anggota osis tahun 2003, Anggota teather 2003-2004 Anggota padus 2005-2006, Sekeratris rohis 2005-2007.

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: