Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Rose Purnamasari (0809111)-Asap Rokok Pengikis Kesehatan

Posted on: June 4, 2009

Asap Rokok Pengikis Kesehatan

Rokok merupakan salah satu benda yang sangat populer di kalangan masyarakat. Hampir semua masyarakat dunia tahu apa itu rokok dan tidak sedikit pula diantara mereka yang memakainya. Kebiasaan merokok telah menjadi budaya diberbagai bangsa di belahan dunia. Mayoritas perokok di seluruh dunia ini adalah populasi pria dengan berbagai kategori umur. Latar belakang merokok beraneka ragam. Salah satu alasan yang sering dikemukakan di kalangan remaja dan dewasa adalah faktor gengsi, sebagian besar kalangan remaja menganggap jika diantara mereka ada yang tidak merokok maka orang tersebut bukan seorang pria sejati. Sedangkan di kalangan orang tua yang memicu untuk memakai rokok adalah karena faktor stres dan kecanduan. Berbagai alasan diatas dapat dibantah oleh fakta yang mengungkapkan bahaya dari rokok.

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa ahli, diketahui bahwa setiap batang rokok yang dibakar akan mengeluarkan lebih dari 4000 bahan kimia beracun yang membahayakan kesehatan baik bagi pemakai sendiri maupun bagi orang-orang yang ada disekelilingnya. Adapun zat-zat yang terkandung dalam rokok dapat ditunjukan pada gambar berikut.

Dari gambar di atas kita dapat melihat zat-zat yang terkandung dalam rokok. Jika kita membakar rokok tersebut maka otomatis asap yang ditimbulkan akan mengandung zat-zat penyusun rokok tersebut. Berikut adalah keterangan mengenai zat-zat bahaya penyusun rokok :

  • Polonium –201 (bahan radioaktif)
  • Aseton (bahan pembuat cat)
  • Amonia (bahan untuk pencuci lantai)

Amonia merupakan gas yang tidak berwarna yang terdiri dari unsur nitrogen dan hidrogen. Zat ini memiliki bau yang sangat tajam. Selain itu amonia merupakan zat yang sangat beracun, jika kita suntikan zat ini pada pembuluh darah maka akan mengakibatkan seseorang pingsan atau koma.

  • Naftalena (bahan kapur barus)
  • DDT & arsen (yang biasa untuk racun serangga)
  • Tar (bahan penyebab kanker)

Tar mengandung bahan kimia yang beracun. Zat ini dapat merusak sel paru-paru dan menyebabkan kanker.

  • Metanol (bahan bakar roket)
  • Nikotin (zat yang bisa menimbulkan kecanduan)

Nikotin adalah cairan berminyak yang tidak berwarna dan dapat membuat rasa yang sangat perih.

  • Kadmium (digunakan untuk aki mobil)
  • Vinyl klorida (bahan baku plastik PVC)
  • Fenol butana (bahan bakar korek api)
  • Hidrogen sianida (gas beracun yang lazim digunakan di kamar eksekusi hukuman mati)
  • Karbon monoksida (asap dari knalpot kendaraan)

Karbon monoksida merupakan sejenis gas yang tidak berbau. Gas ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari senyawa karbon. Gas ini mudah berikatan dengan hemoglobin dalam darah sehingga dapat menghalangi gas oksigen untuk berikatan dangan hemoglobin.

  • Nitrogen Oksida

Nitrogen oksida merupkan sejenis gas yang tidak berwarna dan bila terisap dapat menyebabkan rasa sakit.

  • Formaldehid

Formaldehid adalah sejenis gas yang tidak berwarna dan berbau tajam.

  • Fenol

Fenol merupakan campuran dari kristal yang dihasilkan dari distilasi beberapa zat organik seperti kayu dan arang serta diperoleh dari tar arang. Zat ini beracun dan membahayakan karena fenol terikat oleh protein dan menghalangi aktivitas enzim.

  • Metanol

Metanol adalah sejenis cairan ringan yang mudah menguap dan mudah terbakar. Meminum atau menghisap metanol dapat mengakibatkan kebutaan bahkan kematian.

Data di atas membuktikan bahwa rokok merupakan salah satu benda yang dapat merusak kesehatan. Perlahan tapi pasti rokok dapat mengikis kesehatan orang yang memakai rokok dan orang yang ada disekelilingnya. Rokok hanya memberikan efek semu bagi perokok, selebihnya rokok memberikan banyak efek buruk tidak hanya bagi perokok itu sendiri namun bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya. Jika kita melihat realita dalam kehidupan sehari-hari hanya sedikit orang yang menyadari bahaya dari rokok. Sebagian besar orang khususnya perokok menutup mata pada bahaya rokok.

Zat-zat berbahaya dalam rokok dapat mengakibatkan berbagai dampak buruk terutama bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah dapat menyebabkan penyakit jantung, gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronkhitis, tekanan darah tinggi, impotensi, gangguan kehamilan, cacat pada janin dan lain-lain. Selain itu, Asap rokok dapat memberikan efek buruk pada lingkungan seperti polusi.

Apabila kita amati pembahasan di atas tidak ada satu pun manfaat yang dapat kita ambil dari rokok. Oleh karena itu, sayangi diri dan orang-orang disekeliling anda dengan menjauhkan diri dari benda beracun tersebut.

Referensi :

Autobiografi

<!– /* Font Definitions */ @font-face {font-family:”Cambria Math”; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-1610611985 1107304683 0 0 159 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:””; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”serif”; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:10.0pt; mso-ansi-font-size:10.0pt; mso-bidi-font-size:10.0pt;} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.0in 1.0in 1.0in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} –>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Rose Purnamasari, dilahirkan di Majalengka, 18 Juni 1989. Merupakan anak ke empat dari empat bersaudara. Lahir dari keluarga yang sederhana, mempunyai cita-cita sebagai pengusaha yang sukses. Jenjang pendidikan yang pernah ditempuh adalah SDN 2 Cieurih, SMPN 1 Majalengka dan SMAN 1 Majalengka. Aktifitas yang sedang dijalani adalah mahasiswi tingkat satu dari Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia.

Rose Purnamasari, dilahirkan di Majalengka, 18 Juni 1989. Merupakan anak ke empat dari empat bersaudara. Lahir dari keluarga yang sederhana, mempunyai cita-cita sebagai pengusaha yang sukses. Jenjang pendidikan yang pernah ditempuh adalah SDN 2 Cieurih, SMPN 1 Majalengka dan SMAN 1 Majalengka. Aktifitas yang sedang dijalani adalah mahasiswi tingkat satu dari Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia.

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: