Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Rinda Aeniah (0809110)-Rahasia Dibalik Tumbuhan Pisang

Posted on: June 4, 2009

Rahasia Dibalik Tumbuhan Pisang

Buah pisang mempunyai kandungan gizi yang sangat baik, antara lain menyediakan energi yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Selain buahnya yang memiliki banyak kandungan gizi, ternyata bagian lain dari tumbuhan pisang ini juga bermanfaat. Bahkan tumbuhan ini dikenal oleh masyarakat sebagai tumbuhan tanpa limbah.

Tumbuhan pisang termasuk dalam golongan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae monokotil tahunan berbentuk pohon yang tersusun atas batang semu. Batang semu ini merupakan tumpukan pelepah daun yang tersusun secara rapat teratur. Percabangan tumbuhan bertipe simpodial dengan meristem ujung memanjang dan membentuk bunga lalu buah. Bagian bawah batang pisang menggembung berupa umbi yang disebut bonggol. Pucuk lateral (sucker) muncul dari kuncup pada bonggol yang selanjutnya tumbuh menjadi tanaman pisang. Buah pisang umumnya tidak berbiji atau bersifat partenokarpi. Tumbuhan pisang dapat ditanam dan tumbuh dengan baik pada berbagai macam topografi tanah, baik tanah datar ataupun tanah miring. Produktivitas pisang yang optimum akan dihasilkan pisang yang ditanam pada tanah datar pada ketinggian di bawah 500 m di atas permukaan laut (dpl) dan keasaman tanah pada pH 4.5-7.5. Suhu harian berkisar antara 250 C-270 C dengan curah hujan 2000-3000 mm/tahun.

Beberapa jenis tumbuhan pisang, seperti Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca, menghasilkan buah konsumsi dengan nama yang sama yaitu buah pisang. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna hijau,jingga, merah, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Buah pisang mempunyai kandungan gizi yang sangat baik, antara lain menyediakan energi yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Buah pisang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Buah pisang juga mengandung vitamin, yaitu vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Nilai energi yang terkandung pada buah pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram. Energi tersebut secara keseluruhan berasal dari karbohidrat yang merupakan dua kali lipat lebih besar daripada buah apel. Buah apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori. Karbohidrat yang terkandung pada buah pisang menghasilkan energi sedikit lebih lambat bila dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi buah pisang sebagai cadangan energi.

Kandungan energi pada buah pisang merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat tersebut merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Di samping itu, karbohidrat tersebut merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.

Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pada buah pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh. Berdasarkan berat kering, kadar besi buah pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan buah apel, yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.

Kandungan vitamin buah pisang sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada buah apel hanya 15 mg. Buah pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

Kandungan vitamin B6 pada buah pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintesis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.

Selain buahnya yang memiliki banyak kandungan gizi, ternyata bagian lain dari tumbuhan pisang ini juga bermanfaat. Bahkan tumbuhan ini dikenal oleh masyarakat sebagai tumbuhan tanpa limbah, karena hampir seluruh bagian dari tumbuhan pisang ini bermanfaat, dimulai dari daunnya yang banyak digunakan untuk membungkus makanan, tulang daun dan pelepah pisang dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan, jantungnya dapat dijadikan makanan seperti urab, abon atau dibuat sayur, dan bagian bawah yang dekat dengan akarnya atau biasa disebut bonggol pisang juga dapat dijadikan sayur.

Referensi :

Autobiografi

Nama lengkap saya adalah Rinda Aeniah. Saya adalah seorang mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung. Saya adalah mahasiswi tingkat 1 semester 2 ditahun 2009. Saya dilahirkan di Cirebon pada 23 Agustus 1989. Saya menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar di SDN 1 Karangsari (1996-2002), Sekolah Menengah di SMPN 1 Plumbon (2002-2005), dan Sekolah Menengah Atas di SMAN 2 Cirebon (2005-2008). Selanjutnya, pada tahun 2008 sampai sekarang, saya malanjutkan study mangambil Jurusan Pendidikan Kimia di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) di Bandung atau biasa disebut Kampus Bumi Siliwangi.

Kegiatan yang sedang saya jalani yaitu mengajar, aktif di himpunan di dalam dan di luar kampus, serta berwirausaha. Himpunan di dalam kampus yang saya ikuti, yaitu Himpunan Mahasiswa Kimia (HMK) bagian staff keuangan khususnya penanggung jawab dana usaha. Himpunan di luar kampus yang saya ikuti, yaitu Ikatan Alumni SMA N 2 Cirebon (IKASMANDA Cirebon) di UPI bagian sekretaris. Kemudian, wirausaha yang sedang saya jalani yaitu berjualan kue-kue basah.

Pengalaman organisasi yang pernah saya ikuti, yaitu pada tahun 2004, aktif di PASKIBRA SMPN 1 Plumbon sebagai wakil ketua. Pada tahun 2004, saya juga aktif di OSIS SMPN 1 Plumbon sebagai seksi budi pekerti yang luhur. Kemudian pada tahun 2006, saya aktif di PRAMUKA SMA N 2 Cirebon sebagai anggota dan pada tahun 2007, aktif di Merpati Putih SMA N 2 Cirebon sebagai seksi tata nafas.

Prestasi yang pernah saya raih, yaitu pada tahun 2001 Juara II MTQ Putri pada Sapta Lomba PAI Tingkat Gugus III Kecamatan Weru. Pada tahun 2001, saya juga meraih Juara I Murid Teladan Sekolah Dasar Tingkat Kecamatan. Kemudian, pada tahun 2002, saya memperoleh NEM terbaik Sekolah Dasar di SDN 1 Karangsari. Pada tahun 2004, saya meraih Juara III Murid Teladan SMP Tingkat Kabupaten. Selanjutnya, pada tahun 2004, saya juga meraih Juara I Lomba Speech Contest dan Juara I Cerdas Cermat Bahasa Inggris dan pada tahun 2007, saya berhasil masuk sepuluh besar olimpiade SMA Tingkat Kota Madya.

Saya berasal dari keluarga menengah dan penuh kesederhanaan. Saya memiliki orang tua yang baik. Ayah saya bernama Kadira, bekerja sebagai buruh rotan yang penuh dengan semangat. Ibu saya bernama Tumi, bekerja sebagai ibu rumah tangga. Saya juga memiliki dua orang adik, seorang perempuan dan seorang lagi laki-laki. Adik saya yang perempuan, yaitu adik yang pertama, bernama Ulfah Yustika kelas 2 di SMK Kedawung jurusan multimedia. Adik saya yang laki-laki, yaitu yang kedua, bernama Faroka Agus Triyanka kelas 4 SD di SDN 1 Karangsari. Itulah sekilas biografi tentang saya dan semoga biografi ini dapat memunculkan jiwa semangat juang bagi siapapun yang membacanya. Amin.

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: