Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Lusi Astuti (0800475)-Urgensi Air dalam Kehidupan Kita

Posted on: June 4, 2009

URGENSI AIR DALAM KEHIDUPAN KITA

“Air merupakan sesuatu yang umum dan biasa bagi kita, kadang kita tidak menyadari betapa pentingnya air dalam kehidupan kita. Sehingga kita tidak pernah ingin tahu seperti apa air itu? Dan mengapa bisa menjadi objek yang sangat dibutuhkan?”

Sebenarnya, molekul air itu merupakan sesuatu yang sangat sederhana, terbentuk dari gabungan dua buah atom hydrogen dan satu buah atom oksigen yang berikatan kovalen tunggal. Air ini termasuk molekul polar karena bentuknya yang melebar seperti huruf V. Jika molekul air diuraikan maka akan menjadi ion hidronium (H3O+) dan ion hidroksida (OH) tapi kadang ditulis dalam bentuk yang lebih sederhana yaitu menjadi ion hydrogen (H+) dan ion hidroksida (OH).

Wujud cair dari air lebih lebih rapat dari pada padatannya (es), selain itu es juga lebih ringan dari pada air sehingga es akan terapung diatas air. Saat air dipadatkan menjadi es, maka air ini akn mengembang. Jadi air ini mempunyai sifat yang berbeda dari cairan-cairan lain. Selain itu, sifat istimewa dari air juga bisa menjadi pelarut berbagai zat, walaupun bukan pelarut yang universal, karena kalau air merupakan pelarut yang universal air tidak akan bisa disimpan dimanapun karena pasti akan bereaksi.

Peristiwa yang berhubungan dengan air dapat kita lihat salah satunya pada tumbuhan, dimana terjadi peristiwa adhesi (naiknya air dari akar menuju daun melalui batang) terjadi karena ikatan hydrogen pada air sangat rapuh, sehingga ikatan hydrogen pada air ini akan sangat mudah terpisah, terbentuk dan terpisah lagi. Setiap ikatan hydrogen hanya mampu bertahan satu per triliun detik (pikodetik) tetapi secara cepat dan terus menerus ikatan akan terbentuk kembali sehingga ikatan hydrogen akan menyatukan substansi-substansi pada molekul air tersebut, peristiwa inilah yang menyebabkan terjadinya  peristiwa kohesi pada tumbuhan.

Lalu pernahkah kita mengamati saat gelas diisi air sampai penuh permukaannya akan menjadi cembung? Peristiwa tersebut merupakan salah satu contoh dari tegangan permukaan. Tegangan permukaan pada cairan yaitu ukuran seberapa sulitnya permukaan cairan diregangkan atau dipecahkan. Contoh lain dari peristiwa tegangan permukaan juga bisa kita lihat saat kita melempar batu ke danau, batu tersebut akan terapung beberapa saat atau saat kita melihat serangga yang berjalan diatas air.

Setiap makhluk hidup dimuka bumi ini pasti membutuhkan air, baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan. Sebagian besar tubuh kita terdiri atas air, selain itu air juga sangat dibutuhkan untuk keperluan kita sehari-hari seperti untuk mencuci, memasak, mandi, minum dan masih banyak lagi kebutuhan lain yang memerlukan air. So, keep the water…!

Bumi yang kita pijak ini, dimana kita tinggal, dimana kita bisa merasa nyaman, suhunya itu distabilkan oleh air dengan cara menyerap panas dari udara yang lebih hangat dan kemudian melepaskannya ke udara yang lebih dingin. Pada permukaan tropis air menyerap panas matahari yang akan digunakan dalam penguapan air laut, kemudian udara tropis yang lembab berputar menuju kutub dan energi panas akan dilepaskan ketika udara lembab tersebut terkondensasi dan membentuk hujan, semua peristiwa tersebut merupakan bukti keagungan Allah swt. Air hujan ini akan memberikan banyak manfaat bagi kita, dalam Al-Qur’an juga dijelaskan :

“Dialah Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanaman-tanaman; zaitun, korma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (Surat an-Nahl: 10-11)

Subhanallah…!

Terbayangkah dibenak kita, tanpa air akan seperti apa suhu di muka bumi ini? Manfaat lain juga bisa kita rasakan saat kita selesai berolahraga, tubuh kita terasa panas kemudian berkeringat lama kelamaan tubuh kita akan dingin kembali karena air dalam bentuk keringat yang dikeluarkan dari tubuh kita.

Ternyata air itu benar-benar sesuatu yang sangat menakjubkan, mulai dari sifat sampai manfaatnya., yang memang diciptakan Allah swt. utuk makhluk-Nya di muka bumi ini. Maka dari itu sudah sepantasnya kita mensyukuri semua kenikmatan yang kita dapatkan.

Referensi :

Autobiografi

Lusi Astuti dilahirkan di Sukabumi pada tanggal 18 Agustus 1990, merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Ayahanda P. Giyono dan Ibunda Aisah. Pendidikan formal pertama diawali di SD Negeri Gunungbatu 1 Sukabumi pada tahun 1996 – 2002. Pada tahun 2002-2005 menempuh pendidikan di SMP Negeri 2 Ciracap. Pada tahun 2005 – 2008, kemudian melanjutkan studi di SMA Negeri 1 Ciracap. Kemudian pada tahun 2008 diterima di Universitas Pendidikan Indonesia melalui jalur Penyaluran Bakat dan Minat (PMDK) tahun 2008 dan terdaftar sebagai mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dan hingga sekarang sedang menjalani perkuliahan program S1 Jurusan Pendidikan Kimia UPI.

1 Response to "Lusi Astuti (0800475)-Urgensi Air dalam Kehidupan Kita"

makasih ilmunya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: