Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Isna Wiridiyaty (0809113)- Kualitas Air Kolam Renang

Posted on: June 4, 2009

Kualitas Air Kolam Renang

Kolam renang. Banyak orang yang memanfaatkan kolam renang untuk berolahraga, wisata, hiburan, bahkan kolam renang juga mempunyai nilai bisnis yang cukup menjanjikan. Kolam renang banyak ditemukan di hotel, obyek wisata, bahkan dewasa ini tak jarang rumah penduduk juga sudah dilengkapi dengan fasilitas kolam renang yang berkelas.

Apakah orang-orang paham tentang kolam renang, dalam hal ini lebih spesifik dalam bagian terpenting dari kolam renang yaitu air kolam renang? Jawaban pertanyaan ini masih samar karena kebanyakan orang hanya berpendapat jika kolam renang tersebut bersih dan jernih maka kolam aman untuk digunakan. Pemahaman yang begitu dangkal membuat masyarakat tidak begitu peduli terhadap kualitas air kolam yang mereka gunakan. Seharusnya kita sebagai masyarakat harus mengerti tentang kualitas air kolam yang baik sehingga tidak menimbulkan gangguan pada kesehatan.

Menurut Permenkes Nomor 416/MENKES/PER/IX/1990 yang dimaksud dengan air kolam renang adalah air di dalam kolam renang yang digunakan untuk olahraga renang dan kualitasnya memenuhi syarat kesehatan. Dari pengertian tersebut jelas disebutkan bahwa kualitas air kolam harus memenuhi syarat kesehatan, dan inilah yang sering diabaikan oleh pihak pemilik ataupun pengelola kolam renang.

Kita mendatangi kolam renang dengan tujuan untuk berolahraga, bermain, bersantai, atau sekedar menikmati keindahan dan fasilitas lain yang ditawarkan oleh kolam renang tersebut. Sebenarnya, tanpa kita sadari kolam renang yang tidak memenuhi standar akan menimbulkan penyakit terhadap pemakainya. Penyakit yang umumnya terjadi adalah iritasi pada mata dan timbulnya penyakit kulit.

Pemerintah menaruh perhatian pada keberadaan kolam renang terutama terhadap kualitas air yang digunakan dalam kolam. Pemerintah mengeluarkan peraturan mengenai persyaratan air kolam renang sebagaimana persyaratan air bersih. Peraturan itu berisi parameter-parameter yang harus dipenuhi meliputi parameter fisika, parameter kimiawi, dan parameter mikrobiologik. Parameter fisika meliputi bau, ada tidaknya benda terapung, dan kejernihan. Parameter kimiawi meliputi kadar aluminium, CaSO3, oksigen, pH, sisa klor, dan tembaga. Parameter biologik meliputi kolioform total dan jumlah kuman.

Bagi air kolam renang, parameter yang paling penting untuk diperhatikan adalah pH air, kadar CO2 agresif, kesadahan, zat organik, dan kadar H2S. Parameter-parameter tersebut punya fungsi tersendiri yang saling berkorelasi dalam menjaga kualitas air kolam. Misal kadar pH yang mempengaruhi proses koagulasi, CO2 yang menjaga pipa agar tidak menimbulkan karat yang dapat mencemari air kolam, dan kadar H2S yang mempengaruhi proses pembusukan air oleh kotoran.

Jika mengetahui seluk beluk di atas kita dapat melakukan tindakan untuk mengelola kolam renang dengan benar agar kualitas airnya terjamin. Pokok-pokok dalam pengolahan air kolam renang meliputi proses penjernihan air dan desinfeksi. Proses penjernihan bertujuan untuk mengikat kotoran yang berupa zat organik yang ada dalam air kolam menjadi keeping yang lebih besar agar dapat lebih mudah diambil atau disaring. Proses ini dilakukan dengan menambahkan koagulan seperti tawas (Al2(SO4)3) dan soda ash (Na2Co3). Proses yang kedua disebut proses desinfeksi. Proses desinfeksi perlu dilakukan untuk membunuh bakteri yang ada dalam kolam renang.

Proses-proses di atas dapat dijadikan acuan dalam pengelolaan air kolam renang agar diperoleh kualitas air yang terjamin. Tidak hanya itu, kesadaran dari pengelola kolam renang untuk senantiasa menjaga kualitas air kolam sangat dibutuhkan. Dalam melakukan pengelolaan hendaknya memperhatikan aturan pemakaian dan kadar bahan kimia yang ditambahkan. Hal itu perlu dilakukan agar pemakai terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkan oleh pemakaian zat-zat kimia dalam pengelolaan air kolam renang.

Masyarakat sebagai pemakai kolam renang hendaknya meperhatikan kualitas dari air kolam renang yang digunakan. Kita sebagai konsumen juga harus belajar dan mengetahui pengetahuan tentang kualitas air kolam renang agar kita tidak dirugikan dikemudian hari.

Referensi :


Autobiografi

Isna Wiridiyaty dilahirkan di Salatiga pada tanggal 19 Juli 1990, merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Ayahanda Much Kaelani dan Ibunda Siti Mardiyati. Pendidikan formal pertama diawali di TK Kenanga I pada tahun 1994-1995 kemudian dilanjutkan di SD Negeri Ledok 1 Salatiga pada tahun 1996 – 2002. Pada tahun 2002-2005 menempuh pendidikan di SMP Negeri 1 Salatiga. Pada tahun 2005 – 2008, kemudian melanjutkan studi di SMA Negeri 1 Salatiga. Kemudian pada tahun 2008, diterima di Universitas Pendidikan Indonesia  melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SNMPTN) tahun 2008 dan terdaftar sebagai mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dan hingga sekarang sedang menjalani perkuliahan program S1 Jurusan Pendidikan Kimia UPI.

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: