Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Fera Silfiani Almiftian (0800361)-Mengenal Pembuatan Kertas

Posted on: June 4, 2009


Mengenal Pembuatan Kertas

“Tidak ada salahnya kita menelusuri bagaimana kertas itu dihasilkan sampai akhirnya kita gunakan.”

Setiap orang pasti membutuhkan kertas untuk menulis. Tanpa kertas, apalah arti sebuah pena. Dimana ada pena disitu ada kertas. Oleh karena itu, keberadaan  kertas  dalam  kehidupan  manusia   sangat penting. Selain media untuk menulis, kertas juga bisa digunakan untuk bahan kerajinan sampai alat pembungkus makanan. Kita begitu dekat dengan kertas, tapi apakah kita tahu bagaimana kertas itu di hasilkan.

Kertas yang sering kita gunakan itu biasanya terbuat dari bahan-bahan yang mengandung banyak selulosa dan hemiselulosa, seperti: kayu, bambu, jerami, merang, dan lain-lain. Untuk lebih mengenal kertas yang kita gunakan alangkah baiknya kita pelajari proses pembuatan kertas.

Ada dua  tahap poses pembuatan kertas, yaitu:

  1. 1. Pembuatan Pulp
  • Proses mekanis

Dalam proses ini, tidak digunakan bahan-bahan kimia. Bahan baku digiling dengan mesin gerinda sehingga selulosa terpisah dari zat-zat lain.

  • Proses semi kimia

Pada proses semi kimia ini, dilakukan seperti proses mekanis. Tetapi dibantu dengan bahan kimia untuk lebih melunakkan, sehingga serat-serat selulosa mudah terpisah dan tidak rusak.

  • Proses kimia

Setelah bahan baku digiling dan ditambahkan zat kimia untuk melunakan, bahan baku dimasak dengan bahan kimia tertentu (campuran natriun hidroksida dan natrium sulfida) untuk menghilangkan zat lain yang tidak perlu dari serat-serat selulosa. Dengan proses ini, diperoleh selulosa yang murni dan tidak rusak. Pulp yang dihasilkan dikenal sebagai pulp kraft.

  1. 2. Pembuatan kertas

Pulp yang sudah siap, diolah dengan bahan-bahan tambahan seperti perekat damar, kaolin, talk, gips, kalsium karbonat, tawas aluminium, zat warna dan lain-lain. Setelah semua bahan tercampur, kemudian dimasukan ke dalam mesin pembentuk lembaran kertas, mesin pengeras dan mesin pengering. Bagian yang merupakan tahap akhir dari proses pembuatan kertas yaitu pemotongan kertas dari gulungannya. Pada bagian ini, kertas yang digulung dalam gulungan besar, dibelah pada ketebalan yang diinginkan kemudian dipotong menjadi lembaran, dirapikan kemudian dikemas.

Itulah rangkaian dari proses pembuatan kertas. Ternyata kertas-kertas cantik yang kita gunakan itu, mengalami perjalanan yang begitu panjang sebelum akhirnya sampai ke tangan kita dan digunakan.

Referensi :

Autobiografi

Fera Silfiani Almiftian, lahir di Ciamis pada tahun 1989. Lulus dari Sekolah Dasar Negeri 1 Kawunglarang pada tahun 2004, lulus Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rancah pada tahun 2006, lulus Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Ciamis pada tahun 2008  dan sekarang sedang menjalani pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Pendidikan Kimia. Organisasi yang pernah di ikuti diantaranya pada saat SMP aktif di OSIS dan PMR kemudian SMA aktif di OSIS, PMR dan menjadi bendahara ekstrakulikuler seni tari. Sekarang menjabat sebagai anggota biasa Himpunan Mahasiswa Kimia dan menjadi anggota paduan suara HMK. Penulis gemar membaca novel fiksi. Dan novel yang paling disuka adalah novel Harry Potter.

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: