Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Ekka Putri Oktavani (0803012)-Binatang Sebagai Objek Penelitian

Posted on: June 4, 2009

BINATANG SEBAGAI OBJEK PENELITIAN

Banyak perusahaan dan laboratorium penelitian menggunakan hewan sebagai objek penelitian. Beberapa bahan kimia yang mungkin berbahaya, disuntikkan ke tubuh mereka sebelum diproses menjadi produk yang aman bagi manusia. Percobaan tersebut dapat membahayakan, menyiksa, bahkan membunuh hewan tersebut.

Tahun 1827 pertama kali dikeluarkan undang-undang perlindungan terhadap hewan yaitu “ Cruelty to Animal Act “ oleh parlemen Inggris dan disokong oleh ilmuan Charles Darwin. Sedangkan di Amerika Serikat muncul undang-undang “ Laboratory Animal Act “ pada tahun 1996. Bentrokan pertama antar gerakan pro dan kontra hewan percobaan terjadi sekitar awal tahun 1900. Para demonstran anti hewan percobaan mendemo ratusan mahasiswa kedokteran karena insiden eksperimen. ( majalah GADIS edisi 20,hal 63, tahun 2007)

Hewan yang banyak digunakan sebagai bahan percobaan adalah tikus, kelinci, anjing, kucing, burung, babi, serta primata. Primatalah yang paling sering digunakan sebagai hewan percobaan. Karena adanya kemiripan anatomi antara manusia dan primata.

Hingga saat ini masih banyak yang menentang metode hewan percobaan terutama untuk produk kecantikan. Walaupun telah teruji dan berhasil dengan menggunakan objek penelitian hewan, tetap saja mengandung resiko yang cukup besar. Karena walaupun ada kemiripan pada manusia dan hewan tetapi tidak semuanya sama. Yang memungkinkan terjadinya dampak lain apabila produk tersebut digunakan oleh manusia. Kejadian seperti  ini membuktikan bahwa menggunakan hewan sebagai objek penelitian belum efektif. Hingga saat ini masih belum ditemukan objek lain untuk percobaan yang lebih efektif selain hewan.

Dengan mengurangi hewan sebagai objek penelitian / percobaan, kita juga dapat menjaga mereka dari kepunahan dan dapat menstabilkan ekosistem suatu lingkungan.. Apalagi hewan yang sering dijadikan sebagai objek penelitian adalah primata, yaitu hewan yang digolongkan terancam dari kepunahan. Selain menggunakan hewan sebagai objek penelitian, pabrik-pabrik atau tempat penelitian juga harus memperhatikan limbah yang diproduksi. Jangan sampai limbah tersebut menjadi polusi dan mencemari lingkungan. Menurut Hukum kedua Termodinamika, untuk setiap proses spontan selalu terdapat kenaikan dalam hal entropi alam semesta. Dapat dikatakan bahwa semakin bertambahnya waktu, semakin tinggi pula tingkat kekacauan di alam semesta ini.

Dengan menjaga dan melestarikan lingkungan diharapkan dapat sedikit memperlambat tingkat kekacauan tersebut. Sebaik mungkin kita harus bisa menjaga lingkungan. Walaupun  hanya Tuhan yang menentukan semuanya tentang apa yang terjadi nanti, kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga lingkungan kita. Indahnya lingkungan kita jika terjaga dengan baik.

Referensi :

Autobiografi

Ekka Putri Oktavani dilahirkan di Bandung pada tanggal 11 Februari 1991, merupakan anak kesatu dari lima bersaudara dari pasangan Ayahanda Okto Siahaan dan Ibunda . Pendidikan formal pertama diawali di SD Bandung Kulon 4 (Kelas 1- Kelas 2), SD Bojong Sempur 1 Kabupaten Bandung (Kelas 3-Kelas 4), SD Sakapura 1 Cirebon (Kelas 5-Kelas 6). Kemudian dilanjutkan di SMP Negeri 5 Cirebon dan dilanjutan SMA Negeri 7 Cirebon. Kemudian pada tahun 2008, diterima di Universitas Pendidikan Indonesia  melalui jalur Ujian Mandiri tahun 2008 dan terdaftar sebagai mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dan hingga sekarang sedang menjalani perkuliahan program S1 Jurusan Pendidikan Kimia UPI.

Pengalaman organisasi yang pernah dijalani adalah osis SMP N 5 Cirebon, Osis SMA N 7 Cirebon, dan Pradana Pramuka SMA N 7 Cirebon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: