Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Efrida Nasution (0800778)-Air Dipermukaan Yang Sama

Posted on: June 4, 2009

Air Dipermukaan Yang Sama

Bagaimana cara air mengetahui tinggi permukaannya sendiri?. Maksud saya, bagaimana salah satu bagian air tahu lertak tinggi permukaan air di semua bagian lain tidak peduli berapapun jaraknya.

Dalam hal ini kita tidak perlu menggunakan tenaga dalam, cukup gravitasi saja. Air mencari permukaannya sendiri merupakan sebuah ungkapan yang diambil secara asal oleh seorang filusuf Yunanai beberapa ratus tahun silam, dan sampai sekarang ini semua oramg mengikutinya. Secara sederhana air akan rata atau permukaannya akan sama dimanapun ia berada.

Jika sebuah badan air tidak mengalami gangguan maka ia tidak akan cepat menata diri sampai permukaannya benar-benar merata. Air akan menemukan tinggi permukaan yang eksak secara matematik, mengambil harga rata-rata- amtara semua bukit dan semua lembah. Akan tetapi, bagaimana cara sebuah bukit air mengetahui bahwa ia harus turun, sedangkan sebuah lembah air mengetahui bahwa ia harus naik?, itu semua terjadi karena air tidak bisa dimampatkan.

Kita tidak dapat memaksa sebuah zat cair menempati ruang yang lebih kecil dengan memampatkannya. Ini disebabkan oleh molekul-molekul zat cair sudah berada dalam kondisi serapat-rapatnya sehingga tidak ada jenis tekanan lain yang bisa membuat air lebih rapat lagi.

Dorongan berlaku untuk tarikan. Misalkan bukit perrmukaan air gravitasi mencoba mmenariknya ke bawah tetapi, molekul-molekul air tidak dapat mematuhi perintah dengan mendesak ke bawah yang sudah sesak akibatnya, air akan menyebar ke samping mengisi tempat yang lebih rendah sehingga bukit-bukti menghilang sedangkan lembah-lembah terisi.

Bagian air akan tertarik ke bawah oleh gaya gravitasi dan membentuk lembah tetapi molekul air sudah berada di tempat paling rendah. Andai memaksakan diri masuk lebih dalam, air iru harus mendorong sesame air ke tempat lain.

Sebuah bukit tanah sebenarnya akan berperilaku sama andaikata molekul-molekulnya dapat saling selip seperti molekul-molekul air. Sebuah bukti pasir merupakan kasus pertengahan, butir-butirnya dapat mengalir sampai batas tertentu maka, sebuah bukit pasir yang lebih mirip bukit air adalah bukit kelereng. Jadi, kita sudah mengetahui pproses tersebut. Kaca kontrol merupakan penarapan untuk prinsup yang sama.

Di bagian luar sebuah boiler atau wadah air lain yang tidak transparan biasanya ada sebuah tabung kaca vertical yang terhubung dengan air. Kita tidak daoat melihat tinggi air di dalam boiler tetapi, kita dapat mengatakan ketinggiannya karena ketinggian air di dalam tabung kaca di luar.

Jika air di dalam boiler lebih tinggi daripada air dalam kaca kontrol air itu akan turun. Jika tinggi permukaan air dalam tabung kaca untuk sesaat lebih tinggi daripada tinggi permukaan air dalam boiler, sehingga bagaimanapun awalnya maka akhirnya mereka akan sama tinggi.

Contoh lain yang paling sederhana adalah air dalam teko teh. Mungkin kita mempunyai semacam teko teh yang terbuat dari plastic dan bentuknya mirip dengan kaleng penyiram tanaman. Dengan alat ini kita dapat menuangkan the dari bawah sementara kepalanya tidak ikut tertuang. Dalam hal ini tidak peduli berapapun tinggi air dari pipah kucuran akan persis sama.

Jadi dengan adanya contoh penerapan sederhana ini, sekarang kita mengetahui proses air mempunyai permukaan yang sama dimanapun air ditempatkan.

Referensi :

Autobiografi

EFRIDA NASUTION lahir di MEDAN pada 10 desember1990,anak ke 2 dari 5 bersaudara.Pendidikan yang di tempuh; TK AL-QU’RAN tahun 1994-1995, SD Negeri 1 MEDAN Tahun 1996-2001,SMP Negeri 1 MEDAN Tahun 2002-2005, SMA Negeri 2 MEDAN Tahun 2005-2008 dan kini menjadi Mahasiswa di UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA,FPMIPA.Program pendidikan kimia. Organisasi yang pernah di ikuti;PRAMUKA Tahun 2000-2001, Osis Tahun 2004-2005, Osis Tahun 2007-2008 dan  menjadi anggota HIMPUNAN MAHASISWA KIMIA sampai sekarang

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: