Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Asep Rizal (0800454)-Manfaat Tertawa

Posted on: June 4, 2009

Saya adalah mahasiswa jurusan pendidikan kimia di Unipersitas Pendidikan Indonesia. Saya menulis artikel ini untuk teman-teman semuanya,harapan yang tersimpan di benak ini adalah agar mereka bisa mengharagai tertawa karena tertawa itu amat besar manfaatnya.

MANFAAT TERTAWA

Pernahkah anda merasa menderita dalam sebuah pertemuan penting,ketika anda harus menahan untuk tidak tertawa padahal saat itu anda melihat sesuatu yang lucu?. Anda mungkin berpikir betapa leganya hati ini jika anda bisa meluapkan perasaan tersebut dengan tertawa terbahak-bahak.Hal inilah yang cenderung dipikirkan orang saat dia hendak tertawa.Pemikiran tersebut menggambarkan bahwa tertawa hanya sebatas untuk meluapkan emosi kita.Apakah pemikiran tersebut benar,ataukah masih ada manfaat tertawa yang lainnya?.Pertanyaan pertanyaan tersebut memaksa saya untuk menggali lebih jauh tentang manfaat tertawa.

Sebenarnya manfaat tertawa itu tida hanya untuk meluapkan emosi,tetapi juga bisa menyehatkan badan kita.Mellisa Rodder (Mayapada Prana, 2001) menyatakan bahwa pada saat tertawa ada tiga zat kimia “baik” yang akan di produksi yaitu serotomin,melatomin,dan endorphin. Sehingga jumlahnya dalam tubuh meningkat.Sebaliknya tiga zat kimia “jahat” seperti adrenalin,kortisol dan radikal bebas akan ditekan jumlahnya.Berdasarkan hal tersebut,maka pernyataan “tertawa bisa menyehatkan badan” itu benar.Hal ini bisa dilihat dari fungsi setiap zat kimia tersebut bagi tubuh.seperti kita ketahui,kombinasi serotomin,melatomin dan endorphin bisa menimbulkan perasaan nyaman,senang dan meningkatkan kekebalan tubuh.seadangkan kombinasi ketiga zat kimia jahat seperti adrenalin,kortisol dan radikal bebas akan menimbulkan rasa cemas,gelisah dan akhirnya menurunkan kekebalan tubuh.karena itulah tertawa bisa menyehatkan tubuh kita.

Jadi, manfaat tertawa tidak hanya sebagai sarana peluapan emosi tetapi juga bisa menyehatkan badan.Hal tersebut bisa dijelaskan secara kimia seperti penjelasan di atas.

Referensi :

Penulis:asep rizal

Autobiografi

Nama Asep rizal.lahir di Cianjur 15 Februari 1989.Merupakan anak ke dua dari dua bersaudara.Kegiatan yang sangat digemari adalah nonton TV.

Pengalaman belajar dimulai sejak tahun 1995,memulai pendidikan di salah satu madrasah ibtidaiyah swasta yang terletak di kabupaten Sukabumi.Pada tahun 1996 pendidikan dilanjutkan di SDN Bojong Sari Tiga di daerah cianjur.Peroses belajar berlanjut sampai dengan menginjak kelas dua.Karena factor keluarga yang tidak mendukung,pendidikan dipindahkan ke SDN 1 Beringin Lestari yang terletak kabupaten perumpung (Riau).Pendidikan di sana berlanjut sampai menginjak kelas lima.Keinginan keluarga untuk kembali tinggal di Cianjur memaksa saya untuk pindah sekolah.pendidikan pun kembali dilanjutkan di SDN Bojong Sari Tiga.Pada tahun 2002 berhasil menamatkan pendidikan dasar.

Setelah berhasil menamatkan pendidikan dasar ,pendidikan dilanjutkan di SMPN 1 Bengkok yang terletak di kabupaten Cianjur.Keinginan keluarga untuk pindah ke Sukabumi,Pada tahun 2002, pendidikan dilanjutkan di SMPN 1 Sukalarang kabupaten sukabumi.Pada tahun 2005 pendidikan dilanjutkan di SMA N 1 Sukaraja yang terletak di kabupaten sukabumi.pada tahun 2008 berhasil lulus dan melanjutkan pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia sampai dengan sekarang.

Selama menempuh pendidikan, banyak sekali kegiatan ektrakulikuler (uskul ) yang diikutu diantaranya:,PMR.RMA dan KIR yang diikuti ketika menginjak bangku SMA.Hal itu diharapkan bisa menjadi modal berharga dalam berorganisasi.

Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: