Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Rendi Restiana (0805512)-Kesuburan Anda Bermasalah? Hormon Kisspeptin Solusinya

Posted on: June 1, 2009

Kesuburan Anda Bermasalah?

Hormon Kisspeptin Solusinya


“Jika dibandingkan dengan pengobatan placebo, kisspeptin menunjukan peningkatan 48 kali lipat pada LH dan 16 kali lipat pada FSH”

Beruntunglah bagi wanita yang terlahir normal. Bagaimana tidak, banyak wanita yang mengeluh akibat ketidaknormalan organ seksual mereka. Salah satunya adalah kesuburan reproduksi yang berpengaruh terhadap kemampuan dalam melanjutkan keturunan. Masalah ini bukan lagi menjadi hal yang tabu karena faktanya memang banyak wanita usia produktif yang mengeluh berkaitan dengan kesuburan mereka. Berbagai cara tradisional sampai medikal telah mereka tempuh demi kelancaran menstruasi.

Kebanyakan riset dilakukan oleh para ahli luar negeri. Orang-orang Indonesia selalu sibuk dengan hal-hal yang tidak ilmiah dan kurang bermanfaat. Tim peneliti dari Imperial Collage London baru-baru ini menemukan hormon yang dapat membentuk basis pengobatan kesuburan yang efektif dan tanpa resiko. Penemuannya yang disebut dengan kisspeptin itu dapat memperbaharui fungsi reproduksi pada wanita, dengan level hormone seks rendah yang sistemnya telah ditutup. Hormon tersebut melahirkan peran penting dalam menstimulasi pelepasan hormon yang menontrol siklus menstruasi.

Sebelumnya para peneliti ini menunjukan pengobatan kisspeptin untuk mendorong produksi hormon seks pada wanita subur. Kini mereka memperluas penelitian untuk melihat efek kisspeptin pada wanita ketika ketika periode menstruasi telah terhenti karena ketidakseimbangan hormone.

Penelitian terakhir melibatkan kelompok terdiri dari 10 wanita yang tidak menstruasi dan tidak subur. Para wanita itu disuntik dengan kisspeptin. Kemudian sample darah 10 wanita itu diteliti untuk diukur level dua hormon kunci mereka. Kedua hormon yang dikenal dengan nama luteinizing hormone (LH) dan follicle stimulating hormone (FSH) itu sangat berperan penting dalam ovulasi dan kesuburan.

Jika dibandingkan dengan pengobatan placebo, kisspeptin menunjukan peningkatan 48 kali lipat pada LH dan 16 kali lipat pada FSH. Pimpinan penelitian Dr. Waljit Dhillo menjelaskan pengobatan kisspeptin bias menstimulasi penambahan yang lebih hebat pada produksi LH wanita yang tidak menstruasi jika dibandingkan dengan wanita subur pada penelitian sebelumnya.

Menurutnya, kesuburan adalah kondisi rusak yang memengaruhi jutaan pasangan di seluruh dunia. Terbukti bahwa pengobatan kisspeptin dapat memperbarui fungsi reproduksi pada wanita dengan level hormone seks rendah.

(Dari berbagai sumber)


Blog Stats

  • 27,102 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
%d bloggers like this: