Artikel kimia B 2008 UPI's Blog

Suprini (0808741)-Baking Soda dan Baking Powder Membuat Kue Anda Menjadi Menarik

Posted on: June 4, 2009

Baking Soda dan Baking Powder

Membuat Kue Anda Menjadi Menarik

“Hampir setiap dapur rumah tangga pasti memiliki dua bahan kimia bubuk berwarna putih di dapurnya  yaitu baking soda dan baking powder. Kita pasti tahu masing-masing bahan kimia tersebut memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Tetapi, bahan kimia apakah sesungguhnya? Apa yang mereka lakukan?”.

Baking soda merupakan sebuah senyawa tersendiri, sedangkan baking powder adalah campuran bahan kimia yang sama dengan satu atau dua bahan lain.

Baking soda adalah natrium bikarbonat, sedangkan baking powder natrium bikarbonat ditambah satu atau dua macam asam ; asam+tartrat atau kalium hydrogen tartrat atau tetra hydrogen fosfat dan kalau double-acting, natrium aluminium sulfat.

Banyakkah bahan kimia dalam makanan kita?. Sebenarnya, jika anda dapat melihat rumus-rumus kimia dalam semua protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral dalam makanan, mungkin anda bisa kehilangan selera makan sama sekali. Bahan kimia sama seperti para koboi dalam cerita western; ada yang baik dan ada yang jahat, jadi anda tinggal pintar-pintarmemilih mana yang teman dan mana yang lawan.

Sejauh ini, bahkan penganjur makanan alami yang paling “jahat” pun tidak menemukan alasanuntuk mengeluhkan bahan kimia yang terkandung dalam bakin powder. Dari penjelasan yang tadi mungkin anda mengenal bahan kimia yang namanya : natrium (Na), kalium (K), kalsium (Ca), fosfor, sulfur (S), dan aluminuim (Al). semuanyan tidak hanya tidak berbahaya, tetapi juga perlu untuk hidup kita ( kecuali mingkin aluminium (Al)). Dan semua atom karbon     ( C ), oksigen (O), dan hydrogen (H) dalam bahan-bahan kimia itu sebagian besar berubah menjadi karbon dioksida (CO2) dan air yang tidak berbahaya ketika terkena panas oven.

Yang paling penting yaitu karbonat dalam natrium bikarbonat. Karbonat akan berubah menjadi gas karbon dioksida ketika terkena panas atau asam. Dan itulah mengapa kita sering memakai karbonat dalam membuat adonan kue. Dengan adanya karbonat ini akan membuat adonan kue kita akan mengembang karena adanya gas karbon dioksida yang dihasilkan, karena membuat kue terisi dengan jutaan gelembung kecil karbon dioksida. Ketika kita memanaskan kue di dalam oven maka gelembung-gelembung gas itu akan terperangkap, yang kemudian akan menghasilkan cake atau biscuit yang ringan seperti busa dan endapan pasta tepung kering yang keras dan liat.

Baking soda juga akan menghasilkan karbon dioksida apabila bereaksi dengan asam seperti : cuka, yoghurt, atau dadih susu. Dengan adanya asam itu bahan ini akan menghasilkan karbon dioksida sampai suhu 2700c. tapi reaksinya dengan asam dimulai setelah kedua bahan diaduk, anda akn melihat gelembung-gelembung terbentuk dalam adonan kocok butter milk pancake.

Baking powder adalah baking soda dengan asam kering yang memerlukan asam lain. Setelah baking powder basah maka baking powder juga akan membentuk karbon dioksida.

Komposisi dari baking powder yaitu : monokalsium tetrahidrogen fosfat, asam tartrat, dan kalsium tartrat. Kita pasti tidak ingin baking powder yang kita miliki melepaskan seluruh gasnya begitu dicampur ke dalam adoanan, sebelum adonan itu menangkap gelembung-gelembungnya. Untuk itu, para ahli menyiapkan baking powder yang double-acting artinya bubuk ini hanya melepaskan sebagian gasnya saat pengadukan, sedangkan sisanya dilepaskan ketika suhu dalam oven cukup tinggi.

Membakar kue adalah perkara yang sangat rumit. Masih banyak lagi peristiwa kimia yang terjadi hanya untuk mengembangkan adonannya. Selama bertahun-tahun, banyak sekali bahan pengembang yang ditemukan. Maka, apabila anda mandapatkan resep yang baik, turutilah semua petunjuknya. Selamat mencoba.

Autobiografi

Suprini adalah mahasiswa UPI kelahiran, Kampung Dalam, Riau pada 31 Desember 1990 sebagai anak kelima dari lima bersaudara. Pendidikan yang pernah dijalani  yaitu SD Negeri 1 Sungai Apit lulus tahun 2002, SMP Negeri 1 Sungai Apit lulus tahun 2005, dan di SMA N 1 Sungai Apit lulus tahun 2008, Riau. Sekarang sedang mendalami Ilmu Kimia di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung semester 2. Masuk ke UPI melalui jalur UM yaitu kerjasama Pemda dengan Universitas Pendidikan Indonesia. Tertarik juga ingin belajar ilmu kesehatan.

Prestasi yang pernah diraih banyak tetapi yang paling dibanggakan yaitu pernah mengikuti olimpiade kimia tingkat Kabupaten Siak.

Adapun organisasi yang sekarang diikuti yaitu Himpunan Mahasiswa Kimia  UPI bagian Kerohanian bidang Kajian Islam periode 2009-2010 dan Permaisuri Bandung sebagai anggota sampai lulus kuliah Strata 1.

About these ads

Blog Stats

  • 16,641 hits

halaman

Pages

June 2009
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: